STRATEGI MANAJEMEN HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA PONDOK PESANTREN MELALUI KEGIATAN JAM’IYATUL MUTHI’IN WAL MUKHLISHIN DI PONDOK PESANTREN GEDANGAN

Authors

  • Badrut Tamam Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Qonita Qonita Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Munib Munib Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

Strategi Manajemen, hubungan masyarakat, citra pondok, Pondok Pesantren

Abstract

Pondok harus menjalin hubungan yang baik dengan pihak eksternal madrasah dan masyarakat luas. Dalam pelaksanaan pendidikan, dibutuhkan berbagai elemen yang sangat penting yang dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Salah satu elemen yang sangat penting dan dinilai dapat menentukan keberhasilan tujuan pendidikan adalah peran serta humas dalam menjalin kerja sama. Berdasarkan hal tersebut maka skripsi ini membahas tentang Strategi Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Pondok Pesantren Melalui Kegiatan Jam’iyatul Muthi’in Wal Mukhlishin Di Pondok Pesantren Gedangan, ada tiga fokus yang menjadi pokok pembahahasan di penelitian ini yaitu, Pertama, Bagaimana Perencanaan Humas Dalam Membangun citra Pondok Pesantren melalui kegiatan Jam’iyatul Mutrhi’in Wal Mukhlishin di Pondok Pesantren Gedangan? Kedua, Bagaimana Pengorganisasian Humas Dalam Membangun Citra Pondok Pesantren melalui kegiatan Jam’iyatul Mutrhi’in Wal Mukhlishin di Pondok Pesantren Gedangan? Ketiga, Bagaimana Pelaksanaan dan Evaluasi Humas Dalam Membangun Citra Pondok Pesantren melalui kegiatan Jam’iyatul Mutrhi’in Wal Mukhlishin di Pondok Pesantren Gedangan? Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pertama, Perencanaan humas dalam membangun citra Pondok Pesantren melalui kegiatan Jam’iyatul Muthi’in Wal Mukhlishin yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Gedangan adalah dengan mengadakan rapat, Menyusun strategi dan menentukan organisasi yang akan menjalankan program humas Pondok Pesantren Gedangan. Kedua, Pengorganisasian humas dalam membangun citra Pondok Pesantren melalui kegiatan Jam’iyatul Muthui’in Wal Mukhlishin di Pondok Pesantren Gedangan adalah dengan menunjuk alumni senior untuk menjadi pengurus di bawah naungan majelis keluarga Pondok Pesantren gedangan. Ketiga, Pelaksanaan dan evaluasi humas dalam membangun citra Pondok Pesantren melalui kegiatan Jam’iyatul Muthi’in Wal Mukhlishin di Pondok Pesantren Gedangan untuk membangun citra Pondok Pesantren salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan sekali di beda-beda tempat. Evaluasi yang dilakukan Pondok Pesantren Gedangan dalam strategi manajemen humas dalam membangun citra Pondok Pesantren melalui kegiatan Jam’iyatul Muthi’in Wal Mukhlishin adalah dengan melakukan rapat evaluasi setiap tahun sekali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-Undang no 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Yogyakarta, Universitas Negri Jakarta, 2017),

Zulfa Naila, “Strategi Humas dalam Menjaga dan Meningkatkan Citra Positif Pondok di SMK

Negeri 01 Kudus,” Skripsi, Universitas Negeri, Semarang,2020

Suardi, M. "Analisis Manajemen Humas Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan." Journal of Islamic Education Management, Vol. 2, No. 2 (Oktober, 2017), Juhji, Manajemen Humas, et. Al. Bandung: Widina Bhakti, 2020

Ramadhan, Muhammad, Metode Penelitian, Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021

Napitupulu, Sabar, Manajemen Pemasaran Pendekattan Praktis Denga Teori-Teori Para Ahli. Jakarta: PT. Atalya Rileni Sudeco, 2021

Suryanto dan S. Gasing Syariffudin, Public Relations, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2016

Zella Novia, “Implementasi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Citra pondok pesantren Melalui Program Madrasah Berbasis Riset Di Man 1 Trenggalek” (Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2023), hlm. 27-28

Mutiah Tuty, Strategi Manajemen Humas Dalam Membangun Citra pondok pesantren TK Islam Nurul Hikmah Kebagusan, Jurnal Akrab Juara, Vol. 6, No. 3, (Agustus, 2021),

Tuty Mutiah, Strategi Manajemen Humas Dalam Membangun Citra pondok pesantren TK Islam Nurul Hikmah Kebagusan, Jurnal Akrab Juara, Vol. 6, No. 3, (Agustus, 2021)

Nuraini, “Strategi Public Relations Bank Muamalat Indonesia Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan” (Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh, Jakarta,2022)

Novi Ariyanti, “Evaluasi Manajemen Hubungan Masyarakat dan Pondok (Studi Kasus di

Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan)”, Jurnal Idarah: Pendidikan dan Kependidikan, Vol. 5, No. 2, (2021)

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles