PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PAI MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MAHASISWA PGMI SEMESTER VI UIN MADURA

Authors

  • Juhairiyah Juhairiyah Magister Pendidikan Agama Islam Univesitas Islam Negeri Madura
  • Halimatus Sa’diyah Magister Pendidikan Agama Islam Univesitas Islam Negeri Madura
  • Ika Fiisyatil Kamila Magister Pendidikan Agama Islam Univesitas Islam Negeri Madura
  • Eliyatul Fitriayah Magister Pendidikan Agama Islam Univesitas Islam Negeri Madura
  • Dina Kamilia Magister Pendidikan Agama Islam Univesitas Islam Negeri Madura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva pada materi Akhlak Terpuji dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI), serta melihat pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa PGMI semester VI di IAIN Madura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Hasil validasi dari ahli menunjukkan bahwa media mendapat skor 90% dari ahli materi, 86% dari ahli media, dan 68% dari ahli bahasa, dengan rata-rata kelayakan 81%, yang berarti media layak digunakan dengan revisi ringan. Uji coba kepada 20 mahasiswa menunjukkan peningkatan hasil belajar dari rata-rata pre-test sebesar 67% menjadi 76% pada post-test. Media interaktif berbasis Canva ini terbukti dapat membantu meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa dalam belajar akhlak terpuji. Media ini juga menjadi pilihan yang menarik dan mudah digunakan dalam pembelajaran PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Ahmad Pauzi, Adinda Naurazahra Fitria, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Hyperlink Pada Materi Akhlak Terpuji Pada Diri Sendiri Kelas IX Di MTs Darul Ulum Palangka Raya, At-Tarbiyah, Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, vol. 2 no. 1 (Oktober 2024).

Amilatul Masrifah, Sa'idatum Munirah, Alivia Ratu Cahyani, Dini Hikmatul Fauziyah, Media Interaktif Pembelajaran IPAS, (Semarang: Cahya Ghani Recovery, 2023).

Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal, vol. 3, no. 1 (2019). Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V3i1.2124

Cahyani, A. “Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. vol. 3 no. 1 (2020). Https://Www.Canva.Com/Id_Id/Pendidikan/

Dewi Purnamasari, Zaky Fauziyah,Anisah Chairani, Penggunaan Media Canva Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs al-Islamiyah Jakarta Barat, Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, vol. 2, no. 2 (Juli-Desember, 2024).

Fahrudin, A., & Darussalam Pamungkas, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Keterampilan Pembuatan E-Presentation Dengan Aplikasi Canva For Education. Https://Www.Journal.Unindra.Ac.Id/Index.Php/Batasa/Article/View/1251

Hayatun Sabariah, Ramsah Ali, Nur Azizah, Pengembangan Media Pembelajaran PAI. Sumatera: Cv. Azka Pustaka: 2021.

Herlin, Moh. Farid Nurul Anwar, Chusnul Chotimah, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas II,” Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan vol. 7, no. 1 (2024). Https://Jurnal.Unitri.Ac.Id/Index.Php/Inteligensi

Hijratul Rezky, Rosdiana, Munirah, “Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Canva terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah,” Judikdas: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, vol. 4 no. 1 (2024), 50. https://doi.org/10.51574/judikdas.v4i1.2306

Juwanda Pranata Wijaya, Nurmawati, “Pemanfaatan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran PAI Di SMPN 1 Stabat Kabupaten Langkat,” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 6, no. 1 (Maret 2025).

Luaily, “The Use Of ‘Canva For Education’and The Students’ Perceptions Of Its Effectiveness In The Writing Procedure Text.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5 (1), (2020). https://doi.org/doi.org/10.33258/birci.v5i1.4359

Najihatun Ni’mah, Indriya, “Retno Triwoelandari, Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN 2 Kota Bogor,” Invention: Journal Research and Education Studies, vol. 6 no.1 (Maret 2025). https://pusdikra-publishing.com/index.php/jres

Rahmawati, “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pengembangan Media Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Modern, vol. 15 no. 3 (2022). Https://Jurnalpendidikanmodern.Com.

Sopa Siti Marwah, Sopi Susanti, “Studi Literatur: Canva Sebagai Media Pembelajaran yang Interaktif,” Jurnal PGMI Uniga (JPU), vol. 02, no. 02, (2023). File:///C:/Users/Fc/Downloads/Jafar,+M3.97-104.Pdf

Suryani, & Ardianto, “Digital Flipbook Empowerment As A Development Means For History Learning Media.” JPI, Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 8 no. 2 (2020). Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V8i2.24122

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles