STRATEGI BERTAHAN DARI DAMPAK COVID-19 MENGGUNAKAN SKEMA SSCCRR: STUDI KASUS PERUSAHAAN RINTISAN BIDANG PARIWISATA BERNAMA ATOURIN
Keywords:
Covid-19, Pariwisata, SSCCRR, AtourinAbstract
Abstrak:
Industri pariwisata di Indonesia sangat terdampak negatif karena adanya pandemi coronavirus (covid-19). Hal ini dirasakan langsung oleh seluruh pelaku pariwisata termasuk di dalamnya adalah perusahaan rintisan di bidang pariwisata yang telah lebih dulu merasakan tanda-tanda kemerosotan/penurunan usaha yang cukup tajam dengan berkurangnya pesanan layanannya yang dirasakan oleh pelaku pariwisata. Salah satunya adalah atourin, perusahaan rintisan yang menawarkan pengalaman berwisata di Indonesia. Penelitian ini di buat dengan menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui strategi dan perencanaan dalam pencapaian dari pengambilan risiko yang dilakukan oleh atourin dalam bertahan dari dampak yang terjadi. Penelitian ini menghasilakan petunjuk arahan dari atourin bisa melewati masa sulit dengan perencanaan yang matang dan menggunakan strategi SSCCRR (Survive, Strategize, Collaborate, Creative, Relevance, Realization). Penelitian ini menunjukan strategi tersebut dinilai atourin berguna untuk tetap bertahan dan berjalan di masa pandemi, SSCCRR adalah skema yang dirumuskan oleh pemimpin perusahaan atourin berdasarkan pengalaman yang terjadi secara langsung di masa pandemi Covid-19.
Abstract:
The tourism industry in Indonesia has been severely impacted by the coronavirus (covid-19) pandemic. This has been directly felt by all tourism players, including start-up companies in the tourism sector that have already felt signs of a fairly sharp decline/decline in business with a decrease in orders for their services felt by tourism players. One of them is atourin, a start-up company that offers a travel experience in Indonesia. This study was conducted using a qualitative method with the aim of determining the strategy and planning in achieving the risk-taking carried out by atourin in surviving the impacts that occurred. This study produces directions from atourin to get through difficult times with careful planning and using the SSCCRR (Survive, Strategize, Collaborate, Creative, Relevance, Realization) strategy. This study shows that atourin considers this strategy useful for surviving and running during the pandemic, SSCCRR is a scheme formulated by the leader of the atourin company based on direct experience during the Covid-19 pandemic