Perempuan sebagai Opinion Leader pada Sektor Ekonomi Kreatif di Madura
Keywords:
Perempuan Madura, Opinion Leader, Sektor Ekonomi KreatifAbstract
Penelitian ini menganalisis mengenai peran perempuan dalam sektor ekonomi kreatif Madura. Hal ini dilandasi oleh bagaimana saat ini industri ekonomi kreatif menyumbang salah satu PDB tertinggi di Indonesia dan gerakan Perempuan Madura juga menjadi isu yang menarik untuk dibahas. Perempuan dibalik perannya sebagai pelaku usaha ekonomi kreatif juga menjadi sosok panutan dalam komunitasnya pula. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode fenomenologi, guna memaparkan fenomena keterlibatan perempuan pelaku usaha di sektor ekonomi kreatif Madura. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku usaha berperan sebagai opinion leader dalam sektor tersebut, Kehadiran opinion leader ini yang kemudian membuka peluang lapangan pekerjaan, aktivitas kreatif, serta meningkatkan eksposure terhadap kebudayaan melalui konten di media. Selain itu terdapat tiga subsektor unggulan yakni fashion, kerajinan dan kuliner yang berpotensi dalam sektor ekonomi kreatif. Terakhir, dukungan dari stakeholder potensial juga diperlukan guna membuat kebijakan strategis dan membangkitkan sektor ini di Madura. Setidaknya melalui aktivitas tersebut, perempuan dalam sektor ekonomi kreatif menjawab tantangan bahwa mereka dapat menguasai ruang publik yang biasanya didominasi oleh laki-laki.