STRATEGI PENJUALAN PADA WARUNG MADURA
STUDI KASUS PADA WARUNG MADURA DI KAB. BANGKALAN
Keywords:
Strategi Penjualan, Warung Madura, Kabupaten BangkalanAbstract
Abstrak:
Penelitian ini membahas tentang strategi penjualan dan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang terjadi dan diterapkan oleh beberapa warung di Kecamatan Blega, Galis, dan Tanah Merah untuk memahami faktor-faktor yang berkontribusi pada keberhasilan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi praktik terbaik dalam menetapkan harga, kelengkapan barang, dan pelayanan pelanggan yang dapat meningkatkan penjualan dan daya saing warung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, karena dapat digolongkan ke dalam deskriptif dengan pendekatan studi kasus yaitu untuk melakukan pengukuran yang cermat dan sistematik terhadap peristiwa tertentu dengan cara menafsirkan data yang tekah ada dengan tanpa hipotesis dan tetap mempertahankan keutuhan dari objek penelitian yang terintegrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penetapan harga yang kompetitif, kelengkapan barang yang memadai, dan pelayanan yang baik merupakan strategi utama yang efektif. Kombinasi strategi ini terbukti penting dalam menarik dan mempertahankan pelanggan, serta meningkatkan volume penjualan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan strategi penjualan yang komprehensif untuk keberhasilan bisnis warung.
Abstract:
This study examines the sales strategies implemented by several warungs in Blega, Galis and Tanah Merah sub-districts to understand the factors that contribute to their success. The aim of this study was to identify best practices in pricing, completeness of goods, and customer service that can increase the sales and competitiveness of warungs. The methods used included in-depth interviews with stall owners and keepers and analysis of relevant literature. The results showed that competitive pricing, adequate merchandise, and good service are the main effective strategies. The combination of these strategies proved important in attracting and retaining customers, as well as increasing sales volume. The conclusion of this study confirms the importance of implementing a comprehensive sales strategy for the success of a warung business.