UPAYA PERLINDUNGAN BAGI MITRA DRIVER GOJEK YANG DIRUGIKAN AKIBAT ORDERAN FIKTIF PADA LAYANAN GOFOOD DAN GOMART
Keywords:
Perlindungan Hukum, Driver Gojek, Pemesanan FiktifAbstract
Abstrak:
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perlindungan bagi mitra driver dalam mengahadapi pemesanan fiktif pada layanan Gofood dan Gomart oleh PT. Gojek Indonesia serta upaya yang dapat dilakukan oleh mitra driver ketika mendapat pemesanan fiktif. Latar belakang penulisan penelitian ini diangkat dari permasalahan pemesanan fiktif yang makin mari makin meningkat sehingga merugikan bagi mitra driver. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Yuridis-empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus (case study). Bahan hukum bersumber dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, serta bahan non-hukum. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan studi lapangan serta studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa PT. Gojek Indonesia memberikan upaya perlindungan bagi mitra driver tetapi dalam pelaksanaannya masih belum efektif memberikan perlindungan bagi mitra driver. Praktik pemesanan fiktif merugikan bagi mitra driver sehingga ketika mendapat pemesanan fiktif mitra driver dapat melakukan upaya non-litigasi berupa upaya pembekuan akun konsumen yang terlibat pemesanan fiktif dan upaya litigasi melalui gugatan ganti rugi atas wanprestasi yang dilakukan oleh konsumen dengan melakukan pemesanan fiktif.
Abstract:
The purpose of this research is to find out how driver partners are protected when faced with fictitious orders on Gofood and Gomart services by PT. Gojek Indonesia and the efforts that driver partners can make when receiving fictitious orders. The background to writing this research is motivated by the problem of fictitious orders which are increasing day by day, to the detriment of driver partners. This research uses a juridical-empirical research method using a statute approach, a conceptual approach and a case study approach. Legal materials come from primary legal materials, secondary legal materials, and non-legal materials. Data collection methods were carried out using field studies and literature studies. The results of this research state that PT. Gojek Indonesia provides protection efforts for driver partners, but in its implementation it is still not effective in providing protection for driver partners. This practice of fictitious orders is detrimental to driver partners so that when they receive fictitious orders, driver partners can take non-litigation efforts in the form of efforts to freeze the accounts of consumers involved in fictitious orders and litigation efforts through claims for compensation. default by consumers by placing fictitious orders.