PEMASARAN DIGITAL DESTINASI EKOWISATA PASCA PANDEMI (DESA WISATA MIRAT, KABUPATEN MAJALENGKA JAWA BARAT)

Authors

  • Sarmoko Saridi Universitas Padjadjaran
  • Reiza D Dienaputra Universitas Padjadjaran
  • Awaludin Nugraha Universitas Padjadjaran
  • Shiddiq Sugiono Badan Riset dan Inovasi Nasional

Keywords:

Pemasaran Digital; Ekowisata; Desa Wisata Mirat; Media Digital; Pariwisata Digital.

Abstract

Pandemi COVID-19 telah berakhir tahun 2023. Pandemi COVID-19 memiliki dampak yang signifikan dalam menurunkan gairah pariwisata di Indonesia sehingga turut memberikan efek domino pada perekonomian. Dalam meningkatkan kembali sektor pariwisata, dibutuhkan suatu pendekatan khusus, salah satunya adalah pemasaran digital. Desa Wisata Mirat merupakan salah satu destinasi pariwisata yang mengedepankan konsep ekowisata. Dimana perlu melakukan strategi pemasaran digital untuk mempromosikan konsep ekowisata dan potensi-potensinya. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis sejauh apa strategi pemasaran digital yang telah dilakukan oleh Desa Wisata Mirat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desk research dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian merupakan data sekunder berupa dokumen dan artikel yang ditelusuri melalui internet. Hasil kajian menunjukkan bahwa bahwa strategi pemasaran dilakukan melalui pemanfaatan website, pemanfaatan media sosial, peliputan di media pemberitaan online serta kolaborasi promosi dengan khalayak. Meskipun begitu, konten pemasaran ekowisata, pemasaran digital dinilai belum dilakukan maksimal. Hal tersebut diindikasikan karena kurangnya komitmen dalam mengelola media sosial, kurangnya kolaborasi dengan stakeholder dan juga kurangnya keberagaman konten

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles