PERSEPSI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UINSU TERHADAP PENGARUH MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENDORONG GAYA HIDUP HEDONISME EGOISTIS
DOI:
https://doi.org/10.35127/kabillah.v7i2.198Abstract
Abstrak:
Media sosial menjadi ancaman bersama dalam memengaruhi gaya hidup seseorang,di lain itu
adanya pengaruh media sosial sebagai pendorong gaya hidup hedonisme egoistis yang saat ini
sedang terjadi di masyarakat dan apa saja kategori persepsi mahasiswa yang dapat ditemukan
terhadap objek penelitian yang diteliti apakah itu persepsi positif, netral atau negatif.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penguraian data menggunakan metode
deskriptif. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam terhadap beberapa mahasiswa
yang benar-benar aktif dalam menggunakan media sosial selama bertahun-tahun dan
pengumpulan data ini dapat disebut sebagai pengambilan data dengan metode purposive
sampling. Hasilnya 4 dari 5 informan memiliki persepsi positif sementara sisanya memiliki
persepsi netral. Dari seluruh informan yang telah diwawancarai, tidak ada satupun dari
mereka yang memiliki persepsi negatif dengan kata lain tidak ada informan yang dengan ragu
menentang pengaruh media sosial sebagai pendorong gaya hidup hedonisme saat ini.
Kata kunci: Hedonisme, Media Sosial, Persepsi, Instagram
Abstrak
Social media is a joint threat in influencing a person's lifestyle, on the other hand, there is the
influence of social media as a driving force for the egotistical hedonism lifestyle that is
currently happening in society and what categories of student perceptions can be found
towards the research object being studied whether it is positive perception, neutral or
negative. This research is a qualitative research with data analysis using descriptive method.
Data was collected by in-depth interviews with several students who have been active in using
social media for years and this data collection can be referred to as data collection using a
purposive sampling method. The result is 4 out of 5 informants have a positive perception
while the rest have a neutral perception. Of all the informants who were interviewed, none of
them had a negative perception, in other words, there were no informants who hesitated
against the influence of social media as a driver of the current hedonistic lifestyle.
Keyword: Hedonism, Social Media, Perception, Instagram
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 KABILAH : Journal of Social Community

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.